Skip to main content Skip to main navigation menu Skip to site footer

Publication Ethnics

Publication Ethnics

Jurnal SSBN mengikuti pedoman dari Committee on Publication Ethics (COPE) dalam menghadapi semua aspek etika publikasi dan, khususnya, bagaimana menangani kasus-kasus penelitian dan pelanggaran publikasi. Semua artikel dalam jurnal ini yang melibatkan subyek manusia harus menghormati prinsip etika penelitian seperti yang dijelaskan dalam Deklarasi Helsinki dan studi yang melibatkan hewan harus mematuhi Prinsip Panduan Internasional untuk Penelitian Biomedis seperti yang dikembangkan oleh Council for International Organization of Medical Sciences (CIOMS).

Jurnal SSBN mengadaptasi COPE untuk memenuhi standar etika kualitas tinggi untuk penerbit, editor, penulis, dan pengulas. Sebagai masalah penting, etika publikasi perlu dijelaskan dengan jelas untuk meningkatkan kualitas penelitian di seluruh dunia. Di bagian ini, kami menjelaskan standar untuk editor, penulis, dan pengulas. Selain itu, penerbit tidak berhak mengganggu integritas konten dan hanya mendukung untuk mempublikasikan secara tepat waktu.

Untuk Editor

  1. Editor harus bertanggung jawab untuk setiap artikel yang dipublikasikan di Jurnal SSBN.
  2. Editor harus membantu penulis untuk mengikuti instruksi untuk penulis yang kita adaptasikan dari ICMJE.
  3. Editor dapat berkomunikasi dengan editor atau pengulas lain dalam membuat keputusan akhir.
  4. Editor harus mengevaluasi naskah secara obyektif untuk publikasi, menilai masing-masing pada kualitasnya tanpa melihat kebangsaan, etnis, keyakinan politik, ras, agama, jenis kelamin, senioritas, atau afiliasi institusional dari penulis. Dia harus menolak tugasnya ketika ada potensi konflik kepentingan.
  5. Editor perlu memastikan dokumen yang dikirim ke reviewer tidak mengandung informasi dari penulis, dan sebaliknya.
  6. Keputusan editor harus diinformasikan kepada penulis yang disertai dengan komentar pengulas kecuali berisi komentar yang bersifat ofensif atau mencemarkan nama baik.
  7. Editor harus menghormati permintaan dari penulis bahwa seseorang tidak harus meninjau pengajuan, jika ini masuk akal dan praktis.
  8. Editor dan semua staf harus menjamin kerahasiaan manuskrip yang diserahkan.
  9. Editor akan dipandu oleh flowchart COPE jika ada kecurigaan salah atau penulis yang disengketakan.

Untuk Reviewer

  1. Reviewer perlu mengomentari pertanyaan etis dan kemungkinan penelitian dan kesalahan publikasi.
  2. Reviewer akan melakukan pekerjaan tepat waktu dan harus memberi tahu editor jika mereka tidak dapat menyelesaikan pekerjaan.
  3. Reviewer perlu menjaga kerahasiaan naskah.
  4. Reviewer tidak boleh menerima untuk meninjau manuskrip-manuskrip di mana ada potensi konflik kepentingan antara mereka dan salah satu penulis.

 

Untuk Penulis

  1. Penulis menegaskan bahwa materi tersebut belum pernah dipublikasikan sebelumnya dan bahwa mereka belum mengalihkan hak-hak apa pun ke artikel tersebut di tempat lain.
  2. Penulis harus memastikan keaslian pekerjaan dan mereka benar mengutip pekerjaan orang lain sesuai dengan format referensi.
  3. Penulis tidak boleh terlibat dalam plagiarisme atau self-plagiarisme, Publikasi 'Salami' dilarang keras dalam Jurnal SSBN.
  4. Penulis harus memastikan bahwa mereka mengikuti kriteria kepenulisan yang diambil dari ICMJE yang dijelaskan dalam instruksi untuk penulis Jurnal SSBN.
  5. Penulis tidak menyarankan informasi pribadi apa pun yang dapat membuat identitas pasien dikenali dalam bentuk bagian deskripsi, foto, atau silsilah apa pun. Ketika foto-foto pasien sangat penting dan sangat diperlukan sebagai informasi ilmiah, penulis telah menerima persetujuan dalam bentuk tertulis dan telah dengan jelas menyatakan itu.
  6. Dalam kasus percobaan pada manusia, para penulis telah menyatakan bahwa proses penelitian sesuai dengan standar etika deklarasi Helsinki, komite domestik dan asing yang memimpin percobaan manusia. Jika ada keraguan yang diajukan apakah penelitian itu dilakukan sesuai dengan deklarasi, penulis harus menjelaskannya. Dalam kasus percobaan pada hewan, penulis telah menyatakan bahwa penulis telah mengikuti pedoman domestik dan asing yang terkait dengan percobaan hewan di laboratorium.
  7. Penulis harus memberikan editor data dan rincian pekerjaan, jika ada kecurigaan pemalsuan data atau fabrikasi.
  8. Penulis jurnal harus mengklarifikasi segala sesuatu yang dapat menimbulkan konflik kepentingan seperti pekerjaan, biaya penelitian, biaya konsultan, dan kekayaan intelektual pada dokumen pengungkapan formulir ICMJE.

Publication Charge

Jurnal SSBN adalah jurnal akses terbuka; itu tidak membebankan pembaca atau lembaga untuk akses. Tidak ada biaya untuk penyerahan manuskrip, publikasi manuskrip atau reproduksi warna foto. Namun, materi yang dicetak atau dicetak ulang terdapat biaya.

Jurnal ini hanya membebankan biaya publikasi artikel untuk semua jenis naskah, tanpa biaya pengajuan. Biaya publikasi adalah Rp 250.000, - untuk artikel dalam Bahasa Indonesia.

Ketika naskah yang diterima telah di-proofread oleh penulis, kantor Jurnal SSBN akan mengirimkan faktur kepada penulis yang bersangkutan dan mereka harus menyelesaikan proses pembayaran sebelum diterbitkan.

Published by:

LPPM Stikes Satria Bhakti Nganjuk

Editorial Contacts:

lppm.sbn@gmail.com
https://e-journal.stikesatriabhakti.ac.id
Jurnal Sabhanga Jalan Panglima Sudirman VI Nganjuk 64412

oldGregg Theme
© 2019 Jurnal Sabhanga, All rights reserved | The articles are open-access licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License